Macam-Macam Sayuran yang Baik untuk Ibu Hamil

Sangat penting bagi ibu hamil untuk menjaga pola makan yang sehat demi calon buah hati yang tengah dikandungnya. Salah satu yang perlu menjadi perhatian ibu hamil adalah sayuran. Sayuran sangat penting untuk dikonsumsi karena di dalamnya terkandung banyak vitamin dan nutrisi penting yang menunjang kesehatan. Ada cukup banyak macam-macam sayuran yang baik untuk ibu hamil konsumsi.

Karena tidak hanya tubuh ibu yang butuh asupan nutrisi, namun janin yang ada dalam rahim juga memerlukan asupann nutrisi yang cukup untuk proses tumbuh kembangnya. Maka dari itu, penuhi kebutuhan nutrisi seperti asam folat, zat besi dan lainnya dengan konsumsi sayuran sehat untuk ibu hamil seperti bayam dan brokoli.

1. Bayam

Bayam menjadi salah satu sayuran hijau untuk ibu hamil yang direkomendasikan. Selain kaya akan kandungan asam folat dan juga zat besi, sayur bayam juga merupakan sumber nutrisi penting seperti vitamin A, C, dan K yang baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

2. Jagung

Jagung memiliki nutrisi penting seperti vitamin C, karoteniod dan bioflavonoid yang bisa menolong untuk mengendalikan tingkat kolesterol yang dalam darah. Jagung juga memiliki kandungan vitamin B, folat dan zat besi yang akan mencegah ibu hamil dari terkena masalah anemia. Protein yang terkandung dalam jagung bisa menolong untuk membentuk jaringan otot baru sehingga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu yang sedang hamil.

3. Brokoli

Tidak hanya kalsium, brokoli juga memiliki nutrisi penting seperti beta karoten, indoles, dan isotiosianat yang berguna untuk memproteksi diri kita dari kanker. Selain ditumis, brokoli juga bisa dikonsumsi dengan cara dimasak tumis.

Yang penting menjadi perhatian adalah bahwa brokoli ini harus dipotong untuk memunculkan nutrisi yang menyehatkan. Setelah dipotong, sebelum dimasak terlebih dahulu brokoli harus didiamkan brokoli selama 5 menit. Agar kandungan vitaminnya tidak berkurang atau bahkan hilang, sebaiknya memasak sayur brokoli jangan terlalu lama.

4. Jipang

Kaya akan serat menjadikan labu siam (istilah lain dari sayur jipang) baik dikonsumsi yang yang akan membantu ibu dari gangguan pencernaan yang sering muncul saat masa kehamilan. Sementara asam folat di dalam sayur ini akan memastikan kesehatan janin selama masa hamil sehingga resiko kelahiran bayi cacat dapat dikurangi.

5. Terong Ungu

Kandungan asam folat dalam terong ungu menjadikan sayur ini sangat baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan karena memiliki peran penting dalam menghindari terjadinya kerusakan otak bayi di dalam kandungan. Terung ungu mampu mencukupi kebutuhan akan asupan nutrisi untuk ibu hamil karena di dalamnya terkandung serta, protein, vitamin B1, B2, C dan juga zat besi.

6. Kacang Panjang

Makan kacang panjang dalam kondisi mentah mampu meningkatkan sistem imun karena sayuran ini kaya akan vitamin C. Kandungan zat besi dalam kacang panjang juga dibutuhkan oleh ibu hamil agar terhindar dari anemia.

Kalori yang rendah dan gizi yang terkandung dalam sayur ini cukup baik untuk ibu hamil agar selalu sehat. Asam folat di dalamnya dibutuhkan janin agar tumbuh sehat. Sementara serat akan membantu dalam melancarkan pencernaan ibu hamil.

Bersama bayam, kacang panjang juga menjadi salah satu sayuran hijau yang baik untuk ibu hamil yang banyak direkomendasikan untuk selalu dikonsumsi.

7. Wortel

Wortel dikenal sebagai sayuran yang merupakan sumber asupan vitamin A yang akan menjaga mata tetap dalam kondisi sehat. Sementara pada ibu hamil mengonsumsi sayur wortel juga baik dilakukan karena membantu pertumbuhan dan juga kesehatan embrio dalam rahim.

Jenis sayuran ini selain bisa dinikmati menjadi segelas jus, juga bias dimasak menjadi sayur bening bersama dengan bayam dan lainnya.

Resep Sayur Bening Sehat untuk Ibu Hamil

Agar janin dalam kandungan bisa tumbuh dan berkembang secara sehat dan sempurna, maka ibu hamil perlu mencukupi asupan asam folat. Sementara itu pada jenis sayuran seperti bayam, jagung dan wortel bisa menambah untuk mencukupi kebutuhan akan asupan asam folat selama kehamilan. Ketiga jenis sayuran ini bisa diolah menjadi satu dalam bentuk sayur bening.

Untuk membuat sayur bening, persiapkan bahan-bahannya seperti:

  • Jagung manis sebanyak 2 buah yang masing-masingnya dipotong
  • menjadi 4 bagian
  • Wortel 1 buah, bisa dipotong serong atau sesuai selera
  • 1 ikat kecil bayam, siangi
  • Bawang merah 2 siung kemudian iris tipis
  • Bawang putih cukup 1 siung juga iris tipis
  • 1 cm lengkuas yang sudah dibersihkan lalu digeprek
  • Gula dan garam secukupnya saja.

Cara Memasak Sayur Bening

Setelah semua bahan tadi sudah siap semuanya, maka masak air hingga mendidih dalam wadah panci. Kemudian wortel dimasukkan dan masak sampai menjadi empuk. Dilanjutkan kemudian dengan memasukkan jagung lalu tutup panci selama 5 menit.

Kemudian bayam dan juga semua bumbu-bumbu tadi dimasukkan. Silahkan rasanya dicicipi dulu apakah sudah pas atau belum. Bila ternyata sudah sesuai yang diinginkan rasanya, maka matikan api dan sayur bening pun siap untuk disajikan dan dinikmati.

Recent search terms:

  • macam macam sayur hijau untuk ibu hamil
  • macam macam sayuran yang boleh ibu hami
  • sàyur yàng tidàķ boleh diķonsumsi sàat hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *