Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Kesehatan

Manfaat jambu biji sudah dikenal dan cukup populer di masyarakat. Namun tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, karena daunnya pun bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah khasiat daun jambu biji untuk diare pada bayi. Selain itu, ada juga manfaat daun jambu biji untuk wajah.

Kandungan daun jambu biji diantaranya adalah flavanoid, saponin, alkaloid, polifenol, anti-oksidan, karoten, tannin, kuinon, minyak atsiri, steroid dan juga enyawa anti-mutagenic. Dengan begitu banyaknya kandungan di dalamnya maka tidak mengherankan bila daun jambu biji punya segudang kegunaan. Apa saja kegunaan daun jambu biji?

Fungsi Daun Jambu Biji untuk Mengobati Jerawat dan Komedo

Pemanfaatan daun jambu biji biasanya diolah untuk dibuat menjadi masker atau scrub. Daun jambu biji ditumbuk lalu dioleskan pada jerawat dan bekas jerawat yang ada di wajah. Sebelum dibilas, biarkan dulu untuk beberapa waktu. Terapi ini bisa dilakukan beberapa kali dalam seminggu hingga hilang jerawat yang ada di wajah.

Adapun manfaat masker daun jambu biji ini bisa diperoleh karena adanya anti bakterial yang terkandung bisa membasmi bakteri penyebab jerawat. Ini juga karena adanya vitamin C di dalam daun jambu biji untuk jerawat cepat mengering.

Untuk menghilangkan komedo, metodenya pun sebenarnya sama. Tinggal gunakan saja daun jambu biji yang sudah dihaluskan untuk scrub wajah secara rutin.

Selain untuk mengatasi masalah jerawat dan bekasnya serta komedo, manfaat dan khasiat daun jambu biji juga bisa digunakan mencegah keriput atau penuaan dini. Tidak hanya itu saja, ini juga bisa digunakan untuk mengobati gatal atau alergi pada kulit.

Manfaat Daun jambu Biji untuk Kesehatan

Untuk yang sedang mencret atau diare, daun jambu biji juga bisa menjadi obat diare alami untuk mengatasi masalah tersebut.

Manfaat rebusan daun jambu biji bukan hanya sekedar untuk memekatkan kotoran yang ketika diare biasanya terlalu encer. Namun air rebusan dari daun jambu biji sudah terbukti bisa membantu dalam menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Artinya ini adalah bahwa air rebusan daun jambu biji memiliki sifat anti diare; terutama yang disebabkan oleh infeksi.

Cara Mengobati Diare dengan Jambu Biji

Untuk mengobati mencret karena diare, sebanyak 15-30 daun jambu biji yang sudah kering direbus bersama dengan air sebanyak 150-300 ml selama 15 menit. Kemudian air rebusannya disaring dan minumkan pada penderita.

Bila menggunakan daun jambu biji yang masih segar, cuci 12 lembar daun jambu biji yang masih segar sampai bersih lalu tumbuk atau blender samapi halus. Kemudian tambahkan garam secukupnya juga setengah cangkir air masak. Lalu diaduk untuk kemudian peras dan saring. Minumlah air hasil perasannya ini. Untuk menambah rasa bisa juga ditambahkan dengan sedikit madu.

Dengan metode ini biasanya diare sudah mulai sembuh setelah pemakaian selama 3 hari ramuan ini. Namun bila ternyata belum juga ada perubahan yan g terlihat pada penderitanya, sebaiknya segera saja dibawa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *